Rangkuman materi pemograman dasar
9 Oktober 2019
BAB 1
PENGENALAN BAHASA PROGRAM.
a.Pengenalan bahasa program
1.Definisi Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah serangkaian tugas yang diwujudkan dalam bentuk source code atau kode program yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu masalah yang mengarah menjadi sebuah program atau aplikasi komputer.
Bahasa pemrograman juga dapat didefinisikan sebagai teknik komunikasi standar untuk mengirimkan atau mengekspresikan perintah dari seorang programmer kepada komputer. Bahasa pemrograman tidak jauh berbeda dengan bahasa manusia, yaitu memiliki aturan-aturan tertentu dan tata tulis.
b.struktur bahasa program pascal.
Struktur Program Pascal:
Struktur Program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi dan bagian pernyataan. Bagian deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label,konstanta, tipe, variable, prosedur dan fungsi
.
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Deklarasi Unit Pascal
b. Bagian Deklarasi
- Deklarasi Variabel
- Deklarasi Konstanta
- Deklarasi Label
- Deklarasi Tipe Data
- Deklarasi Prosedur
- Deklarasi Fungsi
c. Bagian Program
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Deklarasi Unit Pascal
b. Bagian Deklarasi
- Deklarasi Variabel
- Deklarasi Konstanta
- Deklarasi Label
- Deklarasi Tipe Data
- Deklarasi Prosedur
- Deklarasi Fungsi
c. Bagian Program
Struktur lengkap bahasa Pascal adalah sebagai berikut :
Program id_program;
Uses unit;
Label id_label;
Const id_konstanta : ekspresi;
Type id_tipe : tipe_bebas;
Var id_variabel : tipe_variabel;
Procedure id_procedure;
Begin
Statement_procedure;
End;
Function id_function;
Begin
Statement_function;
End;
Begin
...
...
Statement_program_utama;
End.
Secara sederhana, struktur program Pascal terdiri dari program, uses, begin , statement dan end. Contoh sederhana yaitu menampilkan kalimat AKU BISA BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL.
Script code:
program latihan1;
begin
write(‘AKU BISA BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL’);
end.
c.Standar input output
Pengertian Input pada Komputer
Pengertian input adalah (masukkan) unit/perangkat luar yang dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk di proses dan diterjemahkan secara digital.
Perangkat input yang biasanya memberi masukkan pada komputer seperti mouse dan keyboard. Dengan adanya sistem input pada komputer ini membantu kita untuk melakukan pengetikan dan menggerakkan kursor dengan lancar.
Pengertian Output pada Komputer
Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.
d.kompilasi program & perbaikan kesalahan.
Kompilasi adalah suatu proses penggabungan serta menterjemahkan sesuatu (source program) menjadi bentuk lain.
kompilasi Merupakan Teknik dalam melakukan pembacaan suatu program yang ditulis dalam bahasa sumber, kemudian diterjemahkan ke dalam suatu bahasa lain yang disebut bahasa sasaran.
kompilasi Merupakan Teknik dalam melakukan pembacaan suatu program yang ditulis dalam bahasa sumber, kemudian diterjemahkan ke dalam suatu bahasa lain yang disebut bahasa sasaran.
CARA PENANGANAN KESALAHAN
Kesalahan Program bisa merupakan :
- Kesalahan Leksikal : THEN ditulis TEN
- Kesalahan Sintaks : A:=X+(B*(C+D) {jumlah kurungnya kurang}
- Kesalahan Semantik :
a. Tipe data yang salah.
Contoh : Var Siswa : Integer
Siswa := 'Yanuar' {tipe string}
b. Variabel belum didefinisikan.
Contoh : B := B + 1 {B belum didefinisikan}
Langkah-langkah Penanganan Kesalahan adalah sebagai berikut :
- Mendeteksi Kesalahan
- Melaporkan Kesalahan
- Tindak lanjut pemulihan/perbaikan
sebuah kompilator yang menemukan kesalahan akan melakukan pelaporan kesalahan, yang biasanya
meliputi :
- Kode kesalahan
- Pesan kesalahan dalam bahasa natural
- Nama dan atribut identifier
- Tipe-tipe yang terkait bila type checking
Contoh : Error Massage: Error 162 Jumlah := unknown identifier
artinya :
- kode kesalahan = 162
- pesan kesalahan = unknown identifier
- nama identifier = Jumlah
BAB 2
VARIABEL TIPE DATA & OPERATOR
a.Variabel tipe data & konstanta
VARIABEL
Variabel adalah suatu wadah yang digunakan untuk menampung nilai atau informasi. Nilai variabel dapat berubah-ubah ketika program dijalankan.
dengan kata lain variabel adalah suatu memori dengan identitas tertentu untuk menampung nilai atau informasi baik yang tetap maupun yang berubah – ubah.
Tipe Data
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar yang dapat digunakan, untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut:
Borland C++ memiliki 7 tipe data dasar yang dapat digunakan, untuk lebih lengkapnya perhatikan tabel berikut:
Tipe data yang berhubungan dengan bilangan bulat adalah char,int, long. Sedangkan lainnya berhubungan dengan bilangan pecahan.Terdapat juga beberapa tipe data tambahan yang dimiliki olehBorland C++. Tipe data tambahan ini diberi kata unsigned didepan nama tipe data.
|
Adalah suatu identitas memori untuk menampung nilai atau informasi yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah ubah.
Berbeda dengan variabel, konstanta merupakan wadah yang dapat menyimpan nilai tetap selama eksekusi program. Untuk membedakan dengan variabel maka nama konstanta harus menggunakan huruf capital. C++ menyediakan 2 cara untuk membuat konstanta:
cara 1
Menggunakan keyword const
Contoh :
const float PHI = 3.14;
Berbeda dengan variabel, konstanta merupakan wadah yang dapat menyimpan nilai tetap selama eksekusi program. Untuk membedakan dengan variabel maka nama konstanta harus menggunakan huruf capital. C++ menyediakan 2 cara untuk membuat konstanta:
cara 1
Menggunakan keyword const
Contoh :
const float PHI = 3.14;
b.Oprator & ekspresi
Operator adalah fungsi yang menjalankan sesuatu dan direpresentasikan oleh simbol, seperti + atau kata kunci khusus. Operator membutuhkan data untuk dioperasikan dan data ini disebut operand. Dalam kasus ini 2 dan 3adalah operand. Hampir semua statemen (baris logis) yang Anda tulis akan mengandung ekspresi. Contoh sederhana dari ekspresi adalah 2+3. Sebuah ekspresi dapat diturunkan menjadi operator dan operand.
BAB 3
STRUKTUR PERCABAGAN
a.percabangan satu kondisi
Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/pemilihan atau keputusan. Algoritma percabangan pada pemrograman umumnya menggunakan kata kunci IF (jika), THEN (maka), dan ELSE (selainnya). Berikut kelompok saya akan mejelaskan tentang algoritma percabangan 1 kondisi dan 2 kondisi beserta contoh kasusnya.
ALGORITMA PERCABANGAN 1 KONDISI
Algoritma percabangan dengan 1 kondisi memiliki format dasar seperti berikut :
IF <kondisi>
THEN <pernyataan>
Pada format diatas , jika <kondisi> bernilai benar maka <pernyataan> dikerjakan, sedangkan jika bernilai salah, maka <pernyataan> tidak dikerjakan dan proses langsung keluar dari percabangan.
Contoh Kasus : Nilai siswa akan gagal bila bernilai ≤ 60
ALGORITMA BAHASA NATURAL
- Mulai
- Menentukan nilai siswa
- Jika nilai siswa ≤ 60
- Siswa dinyatakan Gagal
- Selesai
PSEUDOCODE
Var :
nilai_siswa : integer
Pseudocode :
Read ( nilai siswa )
IF nilai siswa ≤ 60 THEN
write ( Siswa dinyatakan gagal )
FLOWCHART
b.percabangan dngan 2 kondisi
Algoritma percabangan dengan 2 kondisi memiliki format dasar seperti berikut :
IF <kondisi>
THEN <pernyataan 1>
ELSE <pernyataan 2>
Pada format di atas, Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan 1 dikerjakan. Sedangkan jika tidak (<kondisi>bernilai salah), maka pernyataan yang dikerjakan adalah pernyataan 2. Berbeda dengan percabangan 1 kondisi, pada percabangan dua kondisi ada dua pernyataan untuk kedua kondisi,yaitu untuk <kondisi> yang bernilai benar dan <kondisi> yang bernilai salah.
Contoh Kasus : Penggolongan nilai
ALGORITMA BAHASA NATURAL
- Mulai
- Menentukan nilai siswa
- Jika nilai siswa ( 0 – 100 ) > 75 Tergolong Baik
- Jika nilai siswa ( 0 – 100 ) ≤ 75 Tergolong Cukup
- Tampilkan hasil
- Selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar